12 Prinsip Dasar Animasi dari Animasi Tom & Jerry



1.Squash And Stretch


Squash And Strech ini ialah untuk memberikan kesan gambar yang flexibel/lentur tapi sekaligus mempunyai berat dan volume. Seperti pada animasi Tom & Jerry yang saya jadikan contoh yang mana gambar kiri pin bowling memiliki bentuk yang bervolume saat karakter tikus atau jerry itu jatuh dengan pin bowling tersebut setelah dia angkat, akan tetapi saat jerry angkat pin bowling tersebut pin bowling tersebut terlihat lebih ramping dari gambar yang kiri, yang mana memberikan efek lompatan yang mana tidak ada tekanan saat pin bowling jatuh pada seperti pada gambar yang kiri.

2.Anticipation


Anticipation yakni sebuah prinsip tentang ancang ancang sebelum action terjadi. Pada gambar kartun Tom & Jerry diatas terlihat gambar kiri saat Kucing atau Tom ingin ancang ancang sebelum menyodok billiard tersebut dan kemudian pada gambar kedua sebelah kanan terlihatlah action setelah ancang- ancang tersebut saat Tom menyodok billiard tersebut itulah proses Prinsip Anticipation tersebut.

3.Staging

Staging yakni objek yang harus mendapatkan perhatian utama harus ditampilkan dengan jelas. pada gambar Jerry diatas tampak Jerry sedang ada di dalam lubang meja biliard disini terlihat jelas kalau objek utama yakni Jerry itu sendiri terlihat lebih bagus grafiknya dibanding lubang billiard yang ada dibelakangnya yakni menandakan adanya prinsip Staging yakni perhatian utama pada objek utamanya.

4.Straight Ahead Action & Pose to Pose



Straight Ahead Action & Pose to Pose yakni sebuah teknik penyajian animasi yang digunakan terpisah atau digabungkan. Pada gambar diatas terlihat Jerry yang sedang berlari dari bola billiard. Pada pergerakan kaki Jerry saat berlari tersebutlah prinsip Straight Ahead Action & Pose to Pose digunakan yakni menggambungkan dua atau lebih gambar agar menciptakan suatu pergerakan pada animasi yang mana pada animasi ini terlihat pada pergerakan lari kaki si Jerry.

5. Follow Through And Overlapping Action



Follow Through And Overlapping Action ini adalah prinsip yang menunjukan bahwa tidak semua bagian objek berhenti pada waktu yang sama. pada gambar kiri atas terlihat getaran pin bowling pada saat tertabrak bola bowling ada pada bagian kepala pin bowling tersebut akan tetapi pada gambar kanan getaran tersebut berpindah ke bagian badan pin bowling tersebut inilah yang disebut prinsip Follow Through And Overlapping Action.

6.Slow In & Slow Out


Slow In & Slow Out yakni prinsip yang mana menambahkan sejumlah frame tambahan yang mampu menampilkan perubahan kecepatan yanv lebih realistis.  Pada gambar diatas terlihat saat tom tertabrak bola bowling itu ada bayangan bowling yang sedikit terlihat yang mana memberikan kesan yang realistis akan kecepatan tabrak nowling tersebut.

7. Arcs

Arcs adalah prinsip yang menyebabkan objek membentuk kurva pada saat bergerak. Pada gambar Tom diatas terlihat saat Tom hendak melempar bola bowling tersevut badan tom seperti membuat kurva yang mana inilah prinsip Arcs tersebut agar terlihat lebih realistis.

8.Secondary Action


Secondary Action adalah gerakan kedua yang mempertegas pergerakan yang dilakukan sebuah objek. pada gambar Tom yang kiri terlihat saat Tom berjalan mundur saat hendak menangkap bola bowling dan digambar kedua adalah Secondary Action tersebut yakni saat Tom mundur kakinya tersangkut di sebuah guci yang mana langsung coba Tom lepas dari kakinya.

9.Timing And Spacing



Timing And Spacing adalah mengkomunikasikan karakteristik dari objek yang bergerak. pada gambar jerry diatas terlihat Jerry memukul bola billiard yang dilempar Tom kearahnya yang mana langsung Jerry coba halangi dengan stik billiard ditangannya inila proses Timing Ang Spacing tersebut.

10.Exaggration



Exaggration adalah sebuah penambahan pergerakan yang dapat membuatnya terlihat lebih dinamis dan menarik. pada gambar Tom yang kiri saat Tom hendak mengambil bola bowling terlihat cukup keberatan dengan bola bowling tersebut dan pada gambar ang kanan lah prinsip Exaggration tersebut digunakan yakni Tom tampak sangat keberatan dengan bola tersebut yang mengakibatkan bola bowling tersebut jatuh.

11.Solid Drawing



Solid Drawing adalah kemampuan untuk menyajikan objek yang jelas dan konsisten ,mulai dari perspektif,anatomi, bobot dan volume hingga cahaya dan bayangan. Pada gambar Tom diatas terlihat background animasi ini sangat detail dari segi perspektif penonton dan bobot dan volume pin bowling tersebut dan juga pencahayaannya.

12.Appeal

Appeal adalah pergerakan yang unik untuk masing masing objek dan karakter sehingga kesemuanya memiliki personality yang khas. Pada Gambar kucing diatas terlihat saat si kucing hendak memamerkan otot tangannya terlihat otot tersebut dapat berpindah tempat inilah prinsip Appeal tersebut.




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Generalized Audit Software (GAS)

BATIK