SOFTSKILL MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI DUKCAPIL

SOFTSKILL MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI
DUKCAPIL

5 Poin Teori :
  • SERVICE STRATEGY - Adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan ,perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu.
  • SERVICE DESIGN - Adalah Tahapan dimana Manajemen Layanan IT mulai memastikan rencana rencana Layanan yang akan disediakan (dalam service portofolio) benar benar sesuai kebutuhan pengguna,dan mendetailakannya menjadi arsitektur - arsitektur sistem ,proses-proses,laporan & dokumentasi.
  • SERVICE TRANSITION - Menggambarkan bagaimana organisasi bertransformasi atau menjalankan perubahan menuju rancangan lingkungan pelayanan yang diinginkan. Tahapan transisi ini harus dikawal dengan sebaik baiknya agar efektif dan tidak terjadi chaos.
  • SERVICE OPERATION - Mendeskripsikan secara detail dan jelas mengenai inti dari rangkain proses manajemen, yaitu pengelolaan pelayanan itu sendiri pada tahap operasionalnya.Disinilah para pelanggan internal maupun eksternal akan mendapatkan langsung manfaat dari keberadaan teknologi informasi dan komunikasi.
  • PERSONAL SERVICE IMPROVEMENT - Mengingatkan perlunya dilakukan perbaikanberkesinambungan terus menerus dari masa ke masa. hal ini tidak saja berarti bahwa organisasi bersangkutan senantiasa belajar dan selalu berkembang dari masa ke masa, namun mengandung makna bahwa organisasi selalu siap menghadapi berbagai perubahan karena dinamika global. 
Disini saya memberi contoh pelayanan dari DUKCAPIL :

Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang kependudukan dan pencatatan sipil sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Disini DUKCAPIL telah memenuhi kelima poin teori tersebut :
  1. SERVICE STRATEGY - yang dimana masyarakat dapat membuat KTP dengan mudah melalui aplikasi.
  2. SERVICE DESIGN - Untuk DUKCAPIL dalam pengurusan surat-surat sudah bisa melalui aplikasi tetapi tetap harus menuju kecamatan untuk mencetak surat tersebut.
  3. SERVICE TRANSITION - Munculnya inovasi inovasi baru dalam pelayanan dalam DUKCAPIL.
  4. SERVICE OPERATION - Ada Perumusan kebijakan dibidang pendaftaran penduduk,pelaksanaan kebijakan di bidang fasilitas pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil.
  5. PERSONAL SERVICE IMPROVEMENT - Beralihnya metode lama kearah yg lebih modern yakni dengan sebuah aplikasi.
REFERENSI :
https://id.wikipedia.org/wiki/Direktorat_Jenderal_Kependudukan_dan_Pencatatan_Sipil
http://dukcapil.kemendagri.go.id/
https://www.slideshare.net/mobile/zami213/service-design-kelompok4mltib

Komentar

Postingan populer dari blog ini

12 Prinsip Dasar Animasi dari Animasi Tom & Jerry

Generalized Audit Software (GAS)

BATIK